Kita Bisa Kaya Dari Singkong


Ini foto yang saya ambil hari ini

Besar batangnya selengan saya


Berat 40 kg termasuk pangkal batang

Anak saya umur 5,5 tahun


Berat 35 kg bersih setelah dilepas dari batang

Comments on: "Hari ini cabut 35 kg satu batang singkong gajah" (37)

  1. semoga setiap org yg menanam singkong gajah bisa menjadi kaya raya kaya dunia aherat amin

    • Iya pak itu yang menjadi cita2 saya, saya agak prihatin dengan banyaknya lahan tidur ditempat saya, padahal banyak masyarakat yang hidupnya masih kekurangan. Harapan saya dengan menanam singkong yang relatif mudah, dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Makanya saya berusaha untuk mensosialisasikan penanaman singkong dan berusaha membantu pemasarannya atau usaha yang berbasis singkong. Mudah mudahan rencana saya dapat berjalan. Di Kaltim penanaman singkong untuk skala luas baru dimulai dengan adanya beberapa perusahaan yang akan membuat pabrik gaplek, bioethanol.

  2. Pak, saya tertarik dengan industri ini. Ada no yang bisa dihubungi Pak atau email? Saya juga merasa singkong selama ini terlupakan, dan komoditas yang satu ini juga banyak kegunaannya. Selain untuk bahan makanan substitusi, bisa juga sebagai sumber bahan bakar alternatif. Boleh minta bimbingannya Pak?

    Salam
    Vincent

  3. baron dwilaksana said:

    kira-kira kebutuhan untuk kerjasamanya memerlukan berapa biayanya pa.ariyanto dan dimana lahannya

    Regards
    baron

    • Maaf, posisi bapak dimana, Di samarinda dan sekitarnya minat masyarakat untuk menanam singkong cukup besar. Lahan juga tersedia luas, di Sepaku saja ada 1000 ha yang bisa ditanami. Tetapi kebanyakan masih ragu untuk menanam jika penampung/pabrik belum ada. memang disini sudah ada investor yang sudah melakukan penanaman dan siap menampung tetapi belum didirikan pabriknya. Jadi peluang besar jika ingin mendirikan pabrik disini. Beberapa investor baru sekedar penjajakan. Ada teman di Medan yang siap untuk menampung dalam bentuk gaplek dan akan di export ke China berapapun jumlahnya. Apakah bapak tertarik untuk bikin pabrik gaplek disini? Posisi bapak dimana?

  4. Edy Marlon Dolok Saribu, SP said:

    Salam kenal mas ariyanto, saya edy marlon dolok saribu, dari medan sumatera utara, saya cukup tertarik melihat fisik tanaman dan umbi singkong gajah, dapatkah saya membeli bibit singkong gajah dalam jumlah kecil, sekitar 500 – 1000 stek, karena harus kirim via paket kan mas, berapa harga berikut ongkos kirimnya mas.
    email saya pangeran_batak@yahoo.com, telp. 081260274747, 085262618833.
    Petunjuk penanaman beserta pemupukan singkong gajah sangat saya butuhkan mas, berapa pupuk per hektar dan komposisi serta jenisnya.
    Dari hasil penelitian mas, berapa jarak tanam yang ideal dan berapa produksi umbi segar per hektar.
    Terima kasih

    • Salam kenal juga, memang kendala kalau mengirim ke luar kalimantan adalah biaya kirim yang cukup mahal. Pak John ada rencana minta bibit sekitar 200 ribu, mungkin nanti bisa diikutkan saja biar biaya kirim murah. kalau 1000 batang beratnya sekitar 100 kg. Biaya kirim pakai Tiki sekitar 2,5 juta. untuk cara tanam bisa dibaca di cara budidaya singkong. Untuk jarak tanam jika tanahnya subur 1mx1m bisa, tapi sebaiknya 1,25×1,25m. kalau kurang subur 1,5×1,5m. Berdasarkan percobaan saya, saya tanam tanpa pupuk dengan jarak tanam 1mx1m mampu menghasilkan umbi sekitar 10kg-35kg. Tanah di Kalimantan umumnya kurang subur, berdasarkan informasi yang saya peroleh di Jawa pertumbuhannya sangat baik, jauh dibanding singkong yang biasa mereka tanam. Saya memang yakin jika ditanam di Jawa atau Sumatra hasilnya akan lebih bagus dibanding di Kalimantan.

      • Edy Marlon Dolok Saribu, SP said:

        Terima kasih mas, seandainya dalam waktu dekat atau kapan deh pak john mau kirim ke medan, tolong hubungi saya via email ya mas.
        Sebenarnya saya juga sedang meneliti ubi kayu varietas Darul hidayah, mas sekarang baru berumur 2 bulan, saya tanam dengan jarak 1 x 1 m.
        Jadi saya belum bisa lihat hasilnya secara nyata namun pertumbuhan vegetatifnya luar biasa. Kalau boleh tau apakah ciri2 batangnya kalau tua putih berdasar hijau mas atau coklat terang ya mas.

      • OK pak nanti saya kabari. Batang kalau tua coklat terang pak.

  5. .
    Pak apa betul singkongnya sebesar itu…?
    saya aga’ tdk percaya…
    belum pernah saya lihat sebesar itu…

  6. Pak Ary, terimakasih atas semua infonya. Saya sudah menanam singkong gajah di lampung timur dan saat ini usia tanam sdh 5 bln. Saya sdh coba cabut 1 pohon dan beratnya sdh 5 kg dgn jumlah umbi ada 14…..luar biasa.

  7. Mas Ary,
    Tolong dong emailkan harga bibit plus ongkos kirim kalau ke Semarang Jateng,
    kurang lebih 10.000 btg.

    Tks.

    Soerja R.
    081393535209

  8. Danang Kusuma Atmaja said:

    Aslm,mas,klo masa tanam berapa lama bisa jadi 35kg perbatang itu?1 hektar berapa pohon untuk bisa mencapai 35kg perhektar?
    itu teknis tanamnya gimana mas?
    n satu lagi mas,itu singkong racun atau singkon yang bisa dimakan?
    saya lagi mengembangkan singkong varietas cimanggu dan jg darul hidayah,tapi jika singkong gajah bisa lebih optimal,saya mau beralih mas.
    mohon infonya

  9. untuk bibit sampai di pati jawa tengah per kubik berapa? (085641416663)

  10. mas, klo beli bibit itu berapa??

  11. ahmad yani said:

    buat edy marlon dolok saribu.s.p salam kenal. bagaimana singkong darul palahnya ,,? adah panen ..ya. rata rata i pokok berapa kilo…? saya juga mau coba tapi bibit di kec. muara badak KU-KAR KAL-TIM belum ada. siapa yang dapt saya hub. tentang pengadaan bibit tsb.. ANda atau siapa. berapa dan sampai di Samarinda Berapa…? kontak hp 085252806501. bls!

  12. Selamat siang Mas Ari,

    Singkong gajah yang anda tanam sangat menarik. Untuk selanjutnya, saya rasa perlu ada industri tepung tapioka yang bisa menampung singkong gajah Mas Ari. Karena hasil singkong yang ditanam perlu diolah supaya bisa berkembang berkesinambungan.

    Kami siap membantu, bilamana ada teman Mas Ari yang ingin membutuhkan keterangan lebih lanjut mengenai pendirian pabrik tepung tapioka ini.

    Silakan kontak kami, KORAT S.W. INDONESIA, kami adalah perwakilan langsung dari Thailand (KORAT S.W. GROUP 2007 CO., LTD) dan mesin-mesin kami sudah banyak yang terpasang di Lampung.

    Salam kami,
    Yanuar
    HP : 081-330 599 228
    E-mail : koratswindonesia@yahoo.com

  13. I Nengah Aryata, said:

    Mas Yanto, Saya Nengah Aryata, di Lampung Tengah, jika saya pesan kurang lebih 500 stek sd 1000 stek, kapan bisa di Kirim, saya siap + ongkos kirimnya.

  14. pak itu singkong beneran atau editan pak? kok besar banget? :D

  15. kalo pemasaran singkong gajah di lampung kra2 dmana ya bang?

  16. siska dinata said:

    salam kenal mas ariyanto, saya siska dinata berminat sekali dan ingin mencoba menanam bibit singkong gajah, dapatkah saya membeli dengan skala kecil sktr 2000 stek karena meminimalisir ongkir, kalo bisa tolong ongkirnya pakai atau via kantor pos aja untuk minimalisir biayanya. berapa jumlah biaya bibit + ongkirnya saya berdomisili atau tinggal di Kotabumi Lampung Utara (sumatera), tolong informasi dan balesannya.
    Terima kasih….
    Kontak person 085269112421

  17. [...] benq-java29 Februari 2012 19:16 Mantaf… boleh juga itu. Coba bandingkan dengan hasil singkong gajah dari kalimantan yang memang bibitnya masih belum menyebar luas.. ikuti link berikut : Singkong Gajah dari kalimantan [...]

  18. informasinya sangat membAntu saya baru mau tanam bulan ini mas ….belajar bertani singkong mohon do’anya supaya sukses seperti sampean saya di lamtim
    tapi liat punya mas kok batang nya gude gude … ni calon bibit saya hanya sebesar ibu jari kaki …kira kira bagus tidak ya

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

