Kita Bisa Kaya Dari Singkong


Pada Hari Sabtu tanggal 9 April kemarin saya jalan-jalan ke Desa Loleng, Kota Bangun. Saya bertemu dengan Bapak Prayitno, salah seorang pakar singkong yang tinggal di Sepaku. Bapak Prayitno juga menciptakan alat-alat yang mengolah produk berbahan baku singkong seperti: chipper (untuk merajang singkong menjadi gaplek), mesin untuk membuat beras dari singkong, membuat tepung tapioka, mocaf, pakan ternak. Beliau sedang melakukan kunjungan lapangan di areal penanaman singkong yang rencananya seluas 4000 ha. Saat ini sudah dilakukan penanaman seluas 12 ha dari luasan 50 ha untuk areal pembibitan. Direncanakan akan di bangun pabrik singkong untuk dijadikan gaplek yang akan di export ke China. Selain di Kota Bangun, pabrik juga akan didirikan di Loa Janan, Tenggarong Seberang, Samboja, Sengatta.

Jenis yang di tanam ada 6 macam, salah satunya adalah singkong gajah, hal ini dilakukan untuk kesinambungan bahan baku. Dengan berdirinya pabrik tersebut para petani dapat ikut menanam singkong yang akan di tampung oleh pabrik tersebut. Harga singkong basah Rp. 600/kg, gaplek 2700/kg untuk kualitas no.1.

Selain ke pak Prayitno saya juga berkunjung ke rumah Sekdes Loleng, beliau menyambut positif adanya proyek tersebut dan  akan menanam singkong dengan mengajak warga dan keluarganya.

Jadi tunggu apalagi, mari kita berdayakan lahan-lahan tidur dengan menamam singkong gajah yang merupakan singkong asli Kaltim, untuk meningkatkan pendapatan. Potensi pendapatan dari singkong sekitar 50 juta/ha per 10 bulan, itu hanya dari singkongnya. kalau bisa menjual bibitnya per hektar dapat mencapai 100 juta. Jadi potensi pendapatan dari singkong kurang lebih 150 juta per ha/10 bulan.

Comments on: "Kabar Baik Tentang Singkong Di Kalimantan Timur" (21)

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya Tertarik dengan pengembangan singkong Gajah ini, mengingat lahan kaltim khususnya yang begitu luas, saya di daerah sangkulirang, sangata, kaltim, saat ini saya sedang mengembangkan kayu rakyat Sengon di lahan-lahan masyarakat, untuk itu saya akan mencoba tumpang sari dengan singkong gajah. Potensi yang ada saya melihat sangat luar biasa, dan saya berharap kedepan denjgan dukungan Pemerintah daerah dan Investor, ada pabrik pengolahan singkong ini menjadi produk bioetanol di daerah sangkulirang/sangata, mohon kami diberi informasi apabila ada perkembangan mengenai singkong gajah ini, terimakasih, salam sukses selalu…
    wassalamualaikum, Wr.Wb.

    • Bagus sekali pak rencananya. untuk informasi bahwa di Sengatta akan didirikan pabrik singkong (Chips) yang rencananya akan di export ke China. Rencanya singkong akan di beli 600/kg atau gaplek kualitas no 1 dibeli 2700/kg.
      Saya siap membantu mengembangkan singkong gajah disana, karena saya memang ongin mempopulerkan singkong gajah ini agar lahan-lahan tidur yang ada di kaltim ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

  2. Suko Yusanto said:

    Terimakasih mas ari atas semua info yang disampaikan lewat web atau blog ini semoga info ini menjadi semangat juang untuk petani kaltim dan masyarakat yang berkecimpung dalam dunia tani dalam arti luas semoga nantinya para petani lebih meningkat pendapatannya, insya Allah jika kita bangun, kita bina dan bisa mensejahterakan mereka tentu ada balasan dari Allah yang lebih meningkat dan lebih besar lagi. Salam SUKSES dan terus berjuang.

    • Ya pak sama2, saya dalam waktu dekat akan mulai melakukan penanaman singkong gajah di muara badak sekitar 10 hektar dulu, ada lahan seluas 50 hektar. saya rencanakan akan saya tanami semua.

  3. sya syarif dari Sangata Kutai Timur, juga uda kenal dengan Pak Prayitno, cuma kendala dilapangan tentunya membutuhkan dana, saya dan pak Prayit uda pernah menanam singkong gajah di lahan 10 ha yang merupakan milik petani,, 081347849766, semoga kami jg bisa seperti tempat anda yang sebenarnya lebiha awal, tapi belum ada tindakan sampai sekarang

    • OK mas nanti kita bantu, kami dalam waktu dekat berencana akan mendirikan pabrik. tapioka, masih cari lokasi yang tepat. kemungkinan di marangkayu. nanti akan saya informasikan kepastiannya. nanti juga bisa kita bantu permodalannya.

      • syarifuddin said:

        sukses pakk,, sy tunggu infonya,,, harapan sy kita semua bs saling membantu,, utk meningkatkan kesejahteraan orang banyak khususnya petani,, dan bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru

      • Ya pak, saya memang berencana untuk mempopulerkan singkong gajah ini ke petani, ingin mengajak mereka menanam dan saya berusaha mencarikan pasarnya. mohon doanya saya dan kawann di samarinda sedang merintis pendirian pabrik tapioka. sudah ada lokasi pabriknya. mudah mudahan awal tahun depan sudah berdiri. saya ingin kalau bisa kita ketemu ( minta no HP nya mas? atau kontak saya di 081253007972)untuk merencanakan penanaman di kutim. karena kami nanti akan membutuhkan singkong skala besar.

      • syarifuddin said:

        dan untuk lahan yang tersedia di kutim sangat luas dan potensinya sangat besar,,, dgn bermitra dengan petani melalui kelompok tani,, tentu akan membantu memberdayakan,, tentunya sudah ada tempat atau jaminan pasar,, karna petani itu g muluk-muluk cara berfikirnya sederhana saja,, mereka tanam ada yang membeli,,,dan sy jg termasuk petani dan bermitra dengan teman-teman PPL jadi apa lagi,, tinggal modal untuk memulai saja,, saya tunggu pak

      • Salam sukses,
        Saya bisa bantu mengenai permesinan dan pembuatanya berikut perencanaan awal. Kebetulan saya ada pengalaman di Lampung dan Kalimantan Barat.
        Bapak bisa hubungi saya di 085822242002 atau email di hasdisantoso@gmail.com

      • syarifuddin said:

        bagamana pak perkembangan,, kapan ni sy bs dibantu

      • syarifuddin said:

        bagaimana kabar,, kapan ni ke kutim,,,,,

  4. syarifuddin said:

    sy syarief no hp 081347849766,, sy tunggu infonya,, walaupun da g sabar kapan ada yg mau bantu khususnya modal dan pasar tentunya sangat penting, kami sebagai petani berterima kasih sekali andai bisa di bantu dari sektor modal, apa lagi sampai pasar,, yang sy lakukan 2 thn terakhir ini sdh melakukan sosialisasi dan bahkan datangkan pak Prayit uda 2 kali,, tapi belum bisa action karna kendala modal,, walaupun sdh pernah menanam krg lebih 5 ha,, itu jg bibit dr pk prayit, waktu itu kerjsama dgn slh satu LSM, tapi setelah dapat dana dari pemerintah dia tinggal begitu saja, tapi saya tetap semangat semoga ada jalan, mudahan dengan meliat tulisan ini saya benar bisa di bantu, agar petani saya tidak terlalu kecewa,,, call sy bos,,,

  5. hendra kurnia jaya said:

    salam sukses….sy hendra di surabaya. sy tertarik dgn usaha singkong gajah, dimana bisa sy dapat bibitnya (di jawa, khususnya jawa timur)
    besar harapan sy untuk bisa terjun aktif di bisnis ini.
    sy ada d 0858 502 86 329 atau kj_hendra@yahoo.co.id

  6. ahmad yani said:

    siapa yang dapat membantu saya , saya perlu tahap SATU: 400 batang ( Stik ) DENGAN rencana menyusul setelah pengolahan Lahan 4 Ha. alamat SAYA : AHMAD YANI, S.Pd , MUARA BADAK, KU-KAR, KALTIM. HP : 085252806501

  7. h.santoso said:

    salam sukses,

    Mohon informasi mengenai Pabrik Tepung Tapioka di Daerah Kalimantan Timur. Seandainya ada investor maupun pengusaha lokal yang berminat membangun Pabrik tepung tapioka, saya bersedia memberikan bantuan. Saat ini saya tengah membangun 2 pabrik tepung tapioka milik pengusaha jakarta di kalbar dan solo.
    Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi saya di 085822242002 atau email ke hasdisantoso@gmail.com

  8. Dear All,

    Kami perwakilan dari KORAT S.W. GROUP Thailand yang merupakan designer dan manufacturer untuk complete turn-key tapioca starch processing plant.

    Mesin-mesin kami sudah dipakai puluhan pabrik di Lampung dan Kalimantan Selatan. Barangkali Bapak ada berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang kami, silakan menghubungi kami : koratswindonesia@yahoo.com atau via hp : 081-330 599 228.

    Kapasitas produksi mesin kami mulai 100 T/day tepung kering ke atas, semua sudah full automatic operation.

    Salam,
    Yanuar

    • syarifuddin said:

      mas kita kerjasama untuk mengembangkan singkong di tempat kami,, kutai Timur sangata,,, 082330546281

  9. H. Santoso said:

    Selamat siang Pak,

    Saya sangat tertarik dengan potensi singkong gajah yg Bapak informasikan dan ingin sekali merintis pendirian Pabrik tapioka di sana. Di Kalimantan Barat, sudah menyelesaikan 1 pabrik dengan kapasitas terpasang 300 – 400 ton singkong milik investor dari Jakarta. Hanya saja mengalami kesulitan bahan baku. 90 % mesin terpasang adalah buatan sendiri.
    Saya dan beberapa rekan berniat untuk merintis dan jika mungkin bermitra dengan rekan di sana untuk merintis pabrik tapioka yang 100% mesinnya adalah buatan sendiri.
    Seandainya Bapak berkesempatan berkunjunglah ke Kalimantan Barat dan berkenan melihat pabriknya.
    Kontak saya 085822242002 atau 085269506864.

    Terimakasih

    • syarifuddin said:

      sy syarif dari Kutai Timur Pak membutuhkan mitra untuk pengembangan singkong, sy siap menjalankan, potensi luar biasa pa. hp sy 082330546281

  10. Selamat siang pak,

    Di daerah kotawaringin kalteng banyak petani singkong cuma pabrik yg menampung hasil panen baru 1 pabrik saja sehingga volume panen yg begitu banyak tidak tertampung, smoga dengan info ini Bapak berniat membangun pabrik pengolahan singkong didaerah tsb.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

